Monday 22 September 2008

Kita Tunggu; Hadiah Sastra Pusat Bahasa

Hadiah Sastra Pusat Bahasa adalah hadiah yang diberikan setiap tahun oleh Pusat Bahasa dalam bidang penciptaan sastra untuk pengarang puisi, prosa, dan drama mulai tahun 1989 (awalnya disebut Hadiah Sastra Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa). Sejak tahun 2001 seiring dengan perubahan nama instansi, namanya menjadi Hadiah Pusat Bahasa. Hadiah itu diberikan sebagai penghargaan penulis karya sastra pada karya-karya terbaru yang diterbitkan pada lima tahun terakhir. Penghargaan itu diberikan oleh Pusat Bahasa untuk meningkatkan kualitas sastra Indonesia murni, merangsang penciptaan karya sastra, dan meningkatkan pemasyarakatan karya sastra. Pemberian penghargaan itu dilakukan seiring dengan penentuan pengarang penerima SEA Write Award dari Kerajaan Thailand di Bangkok.


Panitia penyelenggara adalah Pusat Bahasa. Jumlah juri enam orang, yaitu dari Pusat bahasa, Pakar dari Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, dan sastrawan penerima SEA Write Award sebelumnya.

Kriteria penilaian dalam penghargaan itu, antara lain (1) karya yang dinilai adalah karya asli dan bukan terjemahan, (2) karya yang terbit selama lima tahun terakhir, dan (3) ditulis dalam bahasa Indonesia.

Selengkapnya: http://pusatbahasa.diknas.go.id/laman/index.php?rmenu=penghargaan&info=pusba_award


No comments: